Minggu, 04 Juni 2023

Buzzer dan Hadits Kebohongan di Akhir Zaman

Sumber Gambar: Tribunnews.com


Terdapat hadis yang dapat dihubungkan dengan praktik buzzer atau penyebaran kebohongan di era akhir zaman. Meskipun hadis-hadis ini tidak secara eksplisit menyebut "buzzer," mereka mencakup aspek kebohongan dan penyebaran informasi palsu yang relevan dengan fenomena tersebut. Berikut adalah salah satu hadis yang bisa dihubungkan:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah ﷺ bersabda:

"Sebelum Hari Kiamat akan datang kepada manusia tahun-tahun yang menyebabkan mereka ragu-ragu (tentang agamanya), dalam setahun (terjadi) fitnah-fitan yang berisi kebohongan, sehingga seorang yang benar akan berkata, 'Saya pernah mendengar itu dari Nabi' padahal dia tidak pernah mendengarnya dari beliau dan seorang pendusta akan berkata, 'Aku tidak mendengar itu dari Nabi' padahal dia telah mendengarnya." (Sahih Muslim)

Hadis ini menggambarkan bahwa di akhir zaman akan ada banyak fitnah dan kebohongan yang menyebar. Orang-orang akan terjebak dalam keraguan tentang agama dan akan muncul penyebaran informasi palsu. Hal ini dapat merujuk pada praktik buzzer di era modern, di mana seseorang dapat menyebarkan kebohongan, memalsukan informasi, atau memanipulasi fakta demi kepentingan tertentu.

Dalam konteks ini, penting bagi kita untuk berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi. Kita harus memverifikasi kebenaran informasi sebelum mempercayainya atau menyebarkannya kepada orang lain. Menjaga integritas dan kejujuran dalam berkomunikasi menjadi sangat penting di tengah era informasi yang mudah terpengaruh oleh penyebaran kebohongan.
Load disqus comments

0 komentar