Senin, 31 Juli 2023

Wow Ada Pasar yang Hanya Jual Jajanan di Temanggung

Kabupaten Temanggung di Jawa Tengah (Jateng) memang menyimpan sejumlah keunikan yang menjadi ciri khas daerah itu. Keunikan itu salah satunya bisa ditemui melalui sebuah pasar tradisional yang bernama Pasar Entho di Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung.

Pasar Entho di Temanggung ini bisa dikatakan unik karena sudah ada sejak zaman dulu. Selain itu, pasar ini juga hanya menjajakan jajanan pasar atau jajanan tradisional, sehingga sangat cocok menjadi lokasi pemburu kuliner yang mencari makanan untuk berbuka puasa. 

Diolah dari berbagai sumber, Pasar Entho merupakan pasar yang menjual berbagai macam makanan atau masyarakat menyebutnya sebagai jajanan pasar. Lokasinya berada di belakang ruko di Pecinan, Parakan, Temanggung.

Meski lokasinya cukup tersembunyi, pasar ini tak pernah sepi pengunjung. Pasar biasanya buka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Jika terlambat, maka bisa saja kehabisan jajanan yang diinginkan.

Nama Entho mengacu pada salah satu jajanan khas Temanggung. Di mana jajanan ini terbuat dari singkong yang diisi dengan gula jawa. Konon pasar ini dulunya hanya menjual Entho, tetapi kini menjual aneka jajanan lain.

Beraneka jenis jajanan pasar dijual di sini. Mulai dari jajanan pasar dengan cita rasa asin seperti misoa, risol, lumpia, martabak, lemper, dan tahu bakso, hingga tersedia jajanan pasar yang memiliki citarasa manis seperti kue lapis, pia, jadah jali, nagasari, putuayu, dan kue-kue lainnya.

Selain jajanan pasar, Pasar Entho di Parakan, Temanggung, juga menyediakan berbagai macam olahan nasi seperti nasi kuning, nasi uduk, nasi megono, nasi urap, dan nasi buntil. Harga pun juga terjangkau, mulai dari Rp1.000 hingga Rp2000 untuk makanan ringan dan Rp12.000-an untuk beberapa makanan berat.

Pedagang biasanya menjual jajanan pasar buatan mereka sendiri. Meskipun ada beberapa dari mereka yang juga ada menjual jajanan titipan dari masyarakat China Paarakan. Pasar ini biasanya ramai di pagi hari. Pengunjung biasanya membeli jajanan untuk acara atau sekadar ingin makan. Pasar Entho di Temanggung biasanya lebih ramai dari biasanya pada akhir pekan, di mana banyak anak muda yang ber-jogging sambil membeli makanan tradisional.


Sumber:
"Unik! Pasar Tradisional di Temanggung Ini Hanya Jual Jajanan" https://m.solopos.com/unik-pasar-tradisional-di-temanggung-ini-hanya-jual-jajanan-1581376.
Jumat, 24 Maret 2023 - 08:00 WIB

Load disqus comments

0 komentar