Kamis, 21 Maret 2013

Menaklukkan Tetangga


Islam diturunkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. Ia rahmat bagi diri pribadi، keluarga، masyarakat، bangsa dan seluruh alam ini. Akan tetapi rahmat ini akan dirasakan manakala di Islam di laksanakan.
Dengan melaksanakan Islam، orang akan menjadi "mempesona". Demikian juga organisasi، jamaah atau kelompok apapun، manakala melaksanakan Islam، maka ia juga akan tampil mempesona، tidak perlu pencitraan yang berbungkus kebohongan.
Seorang kader sebuah parpol Islam tidak membutuhkan berbagai rekayasa manakala ia ingin mendapatkan dukungan dari tetangganya jikalau ia menegakkan sunah sunah Rasul dalam bertetangga.
Adapun hal hal yang harus dilakukan berkaitan dengan hal ini antara lain;
1. Melaksanakan kewajiban kewajiban dalam bermasyarakat، seperti iuran dan lain lain.
2. Laksanakan shalat secara berjamaaah، karena salah satu hikmahnya adalah kita bisa interaksi dengan sebaik baiknya kelompok masyarakat yakni jamaah shalat. Rasulullah sangat menekankan shalat berjamaah.
2. Jenguklah tetangga yang sakit، karena ini adalah kewajiban bertetangga. Tunjukkan empati kita.
3. Bayarkan zakat dwngan memprioritakan pada tetangga kita. Perlu pendataan fakir miskin، karena lembaga yang bersih peduli terdiri dari orang orang yang bersih dan peduli. Ingat zakat adalah kewajiban، kalo belum sampai nisob، ya sisihkan infak dari penghasilan kita.
4. Jika masak yang lumayan enak، jangan lupa berikan sebagian untuk tetangga kita، demikian sunah Rasul.
5. Sempatkan untuk berbincang bincang dengan tetangga، masuklah kedunia mereka untul membawa mereka ke dunia kita.
6. Jadikan rumah kita tempat yang nyaman bagi anak dan remaja dilingkungan kita untuk berkumpul. Bahasa gaulnya markas kongkow... sehingga lebih udah interaksi dengan mereka.
Jadi dengan menegakkan sunah، insya Allah Islam akan semakin cepat tegak.

Oleh: Tim Redaksi

Published with Blogger-droid v2.0.10
Load disqus comments

0 komentar