Selasa, 19 Mei 2020

Ramadan Membentuk Kepribadian Pemimpin


Yang menjadi tantangan kita Ramadan tahun ini harus lebih berkualitas dari pada tahun lalu. Di Ramadan ini kita ingin mendapat pelajaran dan makna baru disini kita berharap Ramadan bisa membentuk dan melahirkan pribadi yang tangguh berkualitas dan menjadi pemimpin.
Selama manusia masih hidup tentunya mereka membentu pemimpin. Bahkan makhluk yang lain juga membutuhkan pemimpin didalam melangsungkan kehidupannya untuk memberikan arahan yang jelas dalam kehidupan. Peradaban besar bisa dipersembahkan pada saat ada pemimpin yang baik. Dengan pemimpin yang baik dan ideal maka dunia akan dipenuhi kesejahteraan kemakmuran dan kebaikan didalamnya. Jika dipimpin oleh orang yang tidak  baik maka akan ada pengurangan makna sehingga yang muncul adalah ketakuran ancaman kecemasan saling merugikan dan menjatuhkan.
Jika berbicara pemimpin dan kepemimpinan maka bisa kita mulai dari anak anak kita. Memberikan keteladanan tentang kepemimpinan bisa dari cerita tentang para nabi. Banyak pelajaran dari Nabi Nuh, Ibrahim, Musa dan lain lainnya. Mereka menampakkan kegigihannya, kesabarannya, keberaniannya, ketegasannya dan kasih sayangnya yang tidak bertepi pada kaumnya. Para Rasul diutus menjadi pemimpin bagi kaumnya yang memandu mengarahkan dan membebaskan dari belenggu.
Sesungguhnya setiap kita  adalah pemimpin. Sehingga ketika kita bicara tentang pemimpin kita sedang membicarakan diri kita sendiri. Sebagai manusia kita adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas apa yang dipimpin. Maka sudah semestinya setiap orang perlu menyiapkan jiwa kepemimpinannya.
Kesamaan antara pemimpin dan orang yang dipimpin adalah adanya nafas yang sama. Artinya ada kekompakan bukan saling menyalahkan antara kita.
Ciri dari pemimpin yang handal sebagai berikut
1. Mempunyai visi yang jelas (QS. Al Baqarah : 257).
2. Beriman dan bertaqwa pada Alloh SWT.
3. Mendirikan Sholat.
4. Membayar Zakat.
5. Tunduk patuh pada Alloh SWT. (QS Al Maidah : 55)
Hikmah puasa akan mewarnai seseorang menjadi pemimpin yang baik baik dalam kesabaran, kepekaan, kepedulian, disiplin dan lainnya.

Load disqus comments

0 komentar