Sabtu, 06 Desember 2014

Libatkan Anak Dalam Mengurus Rumah

Salah satu keluhan yang banyak dirasakan oleh orang tua dan guru adalah kurangnya rasa tanggung jawab anak anak terhadap pekerjaan yang ada dirumah maupun sekolah. Memang secara umum itu adalah tanggung jawab orang tua. Tetapi bisa jadi sikap acuh terhadap kondisi dan keadaan rumah dan sekolah diakibatkan orang tua yang tidak melibatkan mereka dalam menyelesaikan tugas tugas yang ada.

Ada beberapa manfaat beberapa manfaat yang diperoleh dari pelibatan mereka. Diantara manfaatnya adalah:
1. Melatih anak anak  agar mampu menyelesaikan tugas yang ada. Banyak loh anak yang sudah remaja tapi masak nasi saja nggak bisa.
2. Menumbuhkan rasa tanggung jawab. Biasanya anak menunggu orang tua menyelesaikan problemnya. Jangan biarkan hal ini berlanjut. Misalnya Biasakan mereka merapikan mainannya sendiri.
3. Pekerjaan menjadi lebih ringan. Tentunya orang tua harus pandai memilah mana pekerjaan yang bisa dilaksanakan anak, dan mana pekerjaan yang hanya bisa dilaksanakan oleh orang tua.
4. Menumbuhkan rasa empati terhadap orang lain. Jangan sampai orang tua sibuk dengan berbagai kesibukan sementara anak tidak ada rasa empati.

Kesimpulannya, bahwa pelibatan anak adalah dalam rangka pendidikan. Jadi selamat berakhir pekan dan selamat mendidik anak... :)


Posted via Blogaway
Load disqus comments

0 komentar