Selasa, 08 April 2014

HARI TENANG, PKS TEMANGGUNG SIAPKAN TABULASI ELEKTRONIK TERCANGGIH




Temanggung, PKS Temanggung online. Menjelang Pemilu 2014 PKS Temanggung tidak tinggal diam. Hari tenang memang telah diberlakukan sejak Minggu (5 April 2014) tapi pergerakan tetap dilakukan. Sejak hari Jum’at, 3 April 2014 Tim Admin Tabulasi Nasional PKS tingkat Kabupaten Temanggung mulai melakukan bintek (bimbingan teknik) kepada puluhan relawan yang tergabung dalam Tim Tabulasi Nasional PKS tingkat Kabupaten Temanggung. Pelatihan ini dilakukan enam kali di enam Dapil Temanggung. Pelatihan berakhir pada hari Senin, 7 April 2014.

Yahya Purnomo (27) mengatakan alasan PKS mengadakan tabulasi tingkat nasional adalah untuk penyelamatan suara PKS dari kecurangan Pemilu. Terpisah, Widani (30) Koordinator Tim menjelaskan, tujuan lain tabulasi ini ialah PKS akan menyajikan data yang lebih cepat dari KPU dan lebih nyata dibandingkan lembaga quick count. Lebih cepat karena PKS menggunakan mekanisme tabulasi suara online dengan memindai formulir C-1 dan langsung dikirim ke sistem yang telah disiapkan DPP PKS. Lebih nyata sebab tabulasi nasional PKS dilaksanakan di semua TPS di seluruh Indonesia dan data yang diambil adalah semua partai dari tingkat DPRD Kabupaten, Provinsi, RI, dan DPD.  Lebih lanjut disampaikan oleh Widani, cara pengambilan data dilakukan dengan tiga cara, yakni sceener data CI dengan form CI IT PKS, input data XL, dan back up penghitungan lewat sms oleh saksi yang langsung dikirim ke server DPP PKS. 


Pelaksananaan tabulasi ini dimulai dari selesainya penghitungan suara di tingkat TPS. Kegiatan tabulasi dilaksanakan di posko pemenangan PKS masing-masing Dapil Temanggung. (ata)
Load disqus comments

0 komentar