Kamis, 30 Januari 2014

Badan Intelijen Inggris Pantau YouTube, Facebook, dan Blog

Badan intelijen Inggris, GCHQ, memantau aktivitas masyarakat di YouTube, Facebook, dan Blog. Intelijen Inggris tersebut memantau apa yang ditonton di YouTube, apa yang di-”suka” di Facebook, dan kunjungan Blogger. Demikian menurut dokumen yang dibocorkan Edward Snowden.

Rincian program GCHQ dengan kode Squeaky Dolphin itu diterbitkan oleh NBC News, seperti disiarkan BBC, Rabu (29/1/2014).

Laporan tersebut mengatakan bahwa badan intelijen cyber tersebut mendemonstrasikan kemampuan mereka kepada Badan Keamanan AS (NSA) pada 2012.

Facebook telah memagari data mereka dengan enkripsi sandi, tapi layanan Youtube dan Blog dari Google masih belum terenkripsi.

Kedua perusahaan itu mengatakan, mereka tidak memberikan izin kepada GCHQ untuk mengakses data.

Logo dari divisi operasi intelijen itu berupa seekor lumba-luma memegang kaleng bertuliskan GTE, yang merujuk pada Global Telecoms Exploitation. Divisi ini berada di GCHQ yang diyakini mampu mengumpulkan data dari kabel serat optik.

Harian Guardian melaporkan, pada 2012 GCHQ menyadap 200 kabel, termasuk jaringan komunikasi trans atlantik dan dapat memproses data telepon serta internet dari situ.

GCHQ menolak mengomentari klaim tersebut. Namun Perdana Menteri David Cameron belum lama ini mengatakan, “Saya puas dengan kerja badan-badan tersebut yang tidak hanya penting tetapi juga tertutup.”*

Sumber: www.hidayatullah.com/read/2014/01/29/15679/badan-intelijen-inggris-pantau-youtube-facebook-dan-blog.html


Posted via Blogaway
Load disqus comments

0 komentar