Sabtu, 19 November 2016

Talk Show ‘’Perspektif Temanggung 2020’’

Pada hari Sabtu, 12 November 2016 DPD PKS Temanggung mengadakan Talk Show ‘’Perspektif Temanggung 2020’’ di Kampung Sawah, Temanggung. Kegiatan ini diikuti 200an peserta. Mereka terdiri atas pengurus DPD (Dewan Pengurus Daerah), DPC (Dewan Pengurus Cabang) dari 20 kecamatan di Temanggung, dan DPRra (Dewan Pengurus Ranting).

Pemateri pada kegiatan talk show ini adalah anggota legislatif DPRD Kabupaten Temanggung. Mereka ialah,  H. Iman Bintara, ST. (PKS), Yunianto SP. (PDIP), Muhammad Amin, S. Ag. (PKB) dengan. Moderator dari aleg perempuan PKS Temanggung, Elynawati, S. Pd.
Arif Noor Hadi S. (Ketua DPD PKS) menyampaikan bahwa tujuan acara ini adalah dalam rangka menyusun arah kerja PKS Temanggung agar nantinya program kerja PKS Temanggung dapat bermanfaat bagi masyarakat Temanggung. Talk show ini hanya sebagai awal langkah, selanjutnya PKS Temanggung akan banyak mengadakan kegiatan diskusi dengan mengundah tokoh partai dan tokoh masyarakat Temanggung untuk memberi masukan pada program kerja PKS Temanggung.
Pada awal talk show, Yunianto memaparkan langkah-langkah menuju 2020. Langkah-langkah itu akan disempurnakan jika mempunyai agenda yang jelas. Menanggapi tentang kader PKS. Yunianto berpendapat bahwa kader

PKS adalah kader yang produktif sehingga sangat diharapkan dalam membangun Temanggung. Yang harus dibangun nantinya di Temanggung adalah bidang kesehatan dan pendidikan. Segi kesehatan misalnya pembangunan RS, Puskesmas, Polindes. Beberapa hal penting yang ditekankan yakni agar masyarakat Temanggung menyiapkan mental dan fisik dari berbagai kompetensi agar sesuai harapan.

Materi yang kedua disampaikan oleh Muhammad Amin. Di awal beliau menyampaikan bahwa akan ada bonus demografi pada tahun 2020. Bonus demografi ini bisa menjadi pedang bermata dua. Oleh karena itu ada hal-hal yang beberapa dilakukan untuk mengelola bonus demografi yakni dengan merekayasa sosial. 

Beberapa hal tersebut antara lain dalam bidang edukasi, pendidikan. Alasan dari Amin ialah sebab dari pendidikan akan lahir embrio-embrio yangdapat diharapkan. Salah satu parameter pendidikan yang diungkapkan yakni dengan lamanya bersekolah atau tingginya jenjang pendidikan. Peran pemerintah nantinya sebagai pengembang atau fasilitator pendikan.

Pemateri yang terakhir yakni dari Iman Bintara. Iman Bintara menjelaskan bahwa pada tahun 2020 akan terdapat banyak ruang, yaitu: kreatif, ekonomi, sipil, agama, politik, dan seni yang kesemuanya membutuhkan kerja sama. Bisa diakatakan bahwa tahun 2020 adalah era kolaborasi sehingga membutuhkan kerja sama banyak pihak untuk mewujudkan masyarakat Temanggung yang sejahtera. Dalam rangka menyambut 2020, pemimpin Kabupaten Temanggung kelak harus memperhatikan ciri-ciri generasi 2020, yaitu: muda-cerdas-sholih, ekonomi mapan, pendidikan tinggi, kemampuan komunikasi bagus, kemampuan tiga bahasa (Indonesia, Inggris, Arab), menyebar lokasinya, militan, dan optimis.

Setelah semua pemateri menyampaikan materi. Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab. Peserta sangat antusias mendapat kesempatan berdialog dengan anggota dewan. Hingga akhirnya waktu yang diberikan kurang.


Load disqus comments

0 komentar