Selasa, 12 Mei 2015

Pemkab Temanggung Kembali Ekskavasi Situs Liyangan

Pemerintah Kabupaten Temanggung akan melanjutkan ekskavasi Situs Liyangan di Dusun Liyangan Desa Purbosari Kecamatan Ngadirejo Temanggung. 

Ekskavasi kali ini dipusatkan di sebelah timur candi, yang pada kegiatan serupa beberapa waktu lalu ditemukan dinding dengan pancuran gunung atau jaladwara.

"Kami akan ekskavasi situs Liyangan mulai Selasa besuk. Kami ingin menguak keberadaan jaladwara," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung Didik Nuryanto, Senin (11/05/2015).

Dia menerangkan jaladwara yang ditemukan nampak jelas membentuk 'makara' atau simbol binatang air mitologis yang biasa ditemukan pada sebuah bangunan suci di masa Majapahit. Fungsinya pembasuhan sebelum memasuki komplek bangunan suci atau candi. 

Dikemukakan, ekskavasi didanai APBD 2015 sebesar Rp 80 juta dan dipimpin oleh peneliti dari Badan Arkeologi (Balar) Yogyakarta, Sugeng Riyanto. Setelah ekskavasi yang didanai Pemkab, Balar juga melakukan ekskavasi serupa untuk satu minggu kemudian. Sehingga total ekskavasi selama dua minggu. 

sumber: www.krjogja.com


Load disqus comments

0 komentar