Sabtu, 01 November 2014

Swedia Negara Uni Eropa Pertama yang Resmi Mengakui Negara Palestina

Swedia secara resmi mengakui negara Palestina, demikian diumumkan Menteri Luar Negeri Margot Wallstrom dalam pernyataannya yang dirilis hari Kamis (30/10/2014).

“Hari ini, pemerintah mengambil keputusan untuk mengakui negara Palestina,” kata Wallstrom dikutip Euronews. “Ini merupakan langkah penting yang menegaskan hak rakyat Palestina untuk menentukan nasibnya sendiri.”

Sampai saat ini sudah 130 negara yang telah mengakui negara Palestina. Tiga negara Eopa Hungaria, Slovakia dan Polandia sudah mengakui Palestina sebelum mereka bergabung dengan Uni Eropa.

“Pengakuan hari ini memberikan kontribusi untuk masa depan yang lebih baik dari sebuah kawasan yang sudah terlalu lama dikarakterkan dengan negosiasi-negosiasi buntu, kerusakan dan frustrasi,” tulis Wallstrom di koran Swedia Dagens Nyheter.

“Sebagian negara akan menganggap keputusan ini datang terlalu cepat. Menurut saya, itu lebih baik daripada terlambat,” imbuh Wallstrom.*

Sumber:  m.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2014/10/31/32422/swedia-negara-uni-eropa-pertama-yang-resmi-mengakui-negara-palestina.html


Posted via Blogaway
Load disqus comments

0 komentar