Sabtu, 28 September 2013

Memakmurkan Masjid


"Sesungguhnya akan datang pada umatku suatu zaman, mereka saling bermegah- megahan dengan membangun beberapa masjid tapi yang memakmurkannya hanya sedikit," sabda Rasulullah SAW. Siapakah yang dimaksud 'hanya sedikit' itu ?

Menurut Al Qur'an :
"Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah, orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut kepada siapapun selain kepada Allah SWT; mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (At-Taubah:18)

Kemudian dalam surat an-nur : 36-37, Allah SWT berfirman:

"Dalam masjid yang diizinkan Allah
menghormatinya dan menyebut nama-Nya dalam masjid itu, serta bertasbih didalamnya diwaktu pagi dan petang. Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak pula oleh jual beli dari mengingat Allah, dan dari mendirikan sholat dan dari membayar zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (dihari itu) hati dan penglihatannya menjadi guncang."

Orang-orang yang membangun masjid tetapi :
- Tidak mendirikan sholat di masjid yang dibangunnya atau masjid dilingkungan tempat tinggalnya.
- Tidak menunaikan zakat
- Takut kehilangan jabatan, kedudukan, pekerjaan dan lainnya
Mengapa demikian? Bisa jadi orang tersebut membangun masjid hanya karena ingin dipuji.

Rasulullah SAW sering duduk dimasjidnya, lalu dikerumuni oleh para sahabat dalam posisi melingkar bagaikan bintang mengelilingi bulan purnama. Beliau menyampaikan ceramah, fatwa agama, dan ajaran-ajaran kepada mereka.

Menurut Sidi Gazalba, fungsi masjid di zaman Rasulullah SAW antara lain tempat belajar, mengajar, mengurus wakaf, zakat dan baitul maal , tempat mengambil keputusan dan administrasi negara.

Fungsi-fungsi masjid itu kini telah
diaktualisasikan terutama di masjid-masjid besar, seperti kegiatan remaja islam, pembinaan anak, kaderisasi, peringatan hari besar islam, koperasi dan layanan kesehatan.

Alhamdulillah dewasa ini perkembangan masjid dan mushola di Indonesia makin pesat, baik dilingkungan warga, perkantoran, kampus bahkan di pusat perbelanjaan (Mall).

Semoga saja berkembangnya kegiatan dimasjid- masjid itu menjadi pertanda kebangkitan umat Islam, minimal syiar Islam bisa digemakan dilingkungannya.(yl/Islamedia)

Sumber: www.islamedia.web.id/2013/09/memakmurkan-masjid.html?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook&m=1

Published with Blogger-droid v2.0.10
Load disqus comments

0 komentar