Kamis, 07 Mei 2020

MENJADI PRIBADI SEHAT SEGAR DAN BUGAR DITENGAH PANDEMI CORONA


Pesantren Ramadan ke 10
Senin, 4 Mei 2020
Oleh : dr Desvian

Pemandu Acara : Wafiq
Tilawah : Burha al Hafiz

Materi kajian diawali dari tapilan data hipertensi dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah untuk penduduk dengan usia lebih dari 15 tahun, Temanggung menduduki urutan ke 17. Data Rumah Tangga sehat Kabupaten Temanggung berada di peringkat 16.
Dua data diatas sebagai gambaran tentang data kesehatan kabupaen Temanggung agar kita semakin menyadari untuk hidup lebih sehat.
Dasar mengapa perlu hidup sehat disampaikan diantaranya dalam Al Quran dan Hadis berikut
Dalam Al Quran surat Al Baqarah 195
وَأَنفِقُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَلَا تُلْقُوا۟ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى ٱلتَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوٓا۟ ۛ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ
Arti: Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.
Dalam kitab Shifatu an-Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam karya Imam Bukhari, terdapat hadis yang diriwayatkan Sahabat Anas bin Malik. Hadis shahih ini berbunyi:
“An Anas ibn Malik qala: kana Rasulullah SAW rab’atan, laysa bi-thawili wa la bil-qashiri, hasanal-jismi wa kana sya’ruhu laysa bija’din wa la sabtha, asmara launa, idza masya yatakaffa-u,”.
Yang artinya: “Dari Anas bin Malik, ia berkata: Rasulullah SAW berpostur sedang, tidak terlalu tinggi, dan tidak terlalu pendek. Bentuk tubuh beliau bagus, rambutnya tidak keriting merica dan tidak pula lurus. Rambut beliau berwarna kecoklatan. Jika beliau berjalan, tubuhnya condong ke depan.”
Kita juga perlu mengetahui makna dari sehat dan bugar sebelum kita berikhtiar menuju kesana
Makna Sehat (WHO ) adalah keadaan yang sempurna baik fisik, mental maupun sosial, tidak hanya terbebas dari dari penyakit atau kelemahan/cacat.
Definisi kesehatan menurut Kemenkes yang tertulis dalam UU No. 23 tahun 1992 merupakan keadaan normal dan sejahtera anggota tubuh, sosial dan jiwa pada seseorang untuk dapat melakukan aktifitas tanpa gangguan yang berarti dimana ada kesinambungan antara kesehatan fisik, mental dan sosial seseorang termasuk dalam melakukan interaksi dengan lingkungan.
Definisi bugar Kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh energi dan setelah menyelesaikan kegiatan tersebut masih memiliki semangat dan tenaga cadangan untuk menikmati waktu senggang dan siap untuk melakukan kegiatan lain yang mendadak atau tidak terduga.
Agar senantiasa sehat segar dan bugar ada beberapa tips dan ikhtiar selama kita menjalani puasa
1. Menjaga minum
2. Saat Sahur banyak makan makanan berserat
3. Saat berbuka makan secukupnya
4. Tetap melakukan aktivitas fisik
5. Berhenti merokok
6. Kualitas tidur dijaga
7. Sering berbagi
Tubuh mempunyai hormon Serotonin (hormon kebahagiaan) akan aktif ketika kita banyak berbagi.
8. Menjaga tubuh tetap wangi
9. Relaksasi
Relaksasi akan mengontrol hormon kortisol sehingga imun bisa terjaga.
Sehat segar dan bugar juga sebagai ikhtiar dalam menjaga diri dari pandemi corona. Sehingga social distancing, rajin cuci tangan dan menjaga dari stress juga perlu diupayakan di Ramadan kali ini.

Load disqus comments

0 komentar