Minggu, 03 Mei 2020

MEMANAGE WAKTU AGAR IBADAH FULL BAROKAH



Pesantren Ramadan ke 10
Ahad, 3 Mei 2020
Oleh : Ustad Muhammad Badawi
(Pembina Yayasan Lentera Qur’an)

Pemandu Acara : Hanif
Tilawah : Arif

Ada dua permasalahan utama yang dibahas diawal dalam tema ini yaitu manajemen dan berkah.
Menurut James manajemen adalah  proses perencanaan dan pengorganisasian agar tujuan tercapai. Menurut  Mary Parker Folle manajemen adalah menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Menurut Ricky W. Griffin manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol pada sumber daya agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien. Kesimpulannya  manajemen adalah Proses perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan dan pekerjaan agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien.
Sedangkan Berkah secara umum menurut imam Al Ghozali berkah adalah bertambah dan berkembang. Berkah berasal dari kata barokah, artinya kenikmatan dan kebahagiaan. Sedangkan Menurut imam ibnu mansur, barokah adalah ziyadatul khoir yaitu bertambahnya kebaikan yang terus menerus.
Kondisi Ramadan saat ini harus disikapi dengan jeli supaya ramadan yang khusus ini agar tetap bisa bermakna bagi kita. Tips dalam manajemen waktu
1. Menyelesaikan pekerjaan yang prioritas
2. Fokus pada amalan yang sedang dijalani
3. Jadikan kebiasaan setiap kebaikan untuk manfaat orang banyak agar lebih barokah
4. Jeli mengatur waktu agar aktivitas terukur
5. Istirahat/tidur tidak lebih dari 6 jam
Dalam tips yang keempat maka harus membuat jadwal sebagai panduan untuk mengatur agenda dan memberi alokasi waktu yang tepat dari agenda tersebut.
Saat ini yang perlu kita waspadai adalah godaan berselancar di sosial media yang menghalangi kita untuk menyelesaikan target amaliah.
Kunci utama keberkahan adalah keikhlasan. Akan ada orang-orang yang secara kuantitas banyak amalannya tapi diakhir tidak ditempatkan sebagai ahli surga karena keikhlasannya ternoda.
Keikhlasan perlu dilatih, orang yang sudah terbiasa melakukan ibadah secera rutin maka akan mudah untuk ikhlas (tidak memperdulikan pandangan orang lain), berbeda dengan orang yang baru saja berlatih untuk melakukan amalan.
Dalam melakukan manajemen maka tidak cukup hanya manajemen waktu saja, tapi perlu manajemen diri, keluarga, lingkungan dll. Ketika selesai dari satu pekerjaan maka ketika ada jeda diharapkan Al Quran menjadi teman.

Load disqus comments

0 komentar