Jumat, 12 Februari 2016

Belajar Jadi Mandor


Ada beberapa orang yg sanggup memainkan banyak peran sekaligus. Mereka memiliki kapasitas yg berlebih, sehingga sering dilihat dibanyak tempat dan kesempatan. Kadang diatas mimbar, kadang dijalanan, kadang dikantoran dll.

Mumpung usia masih muda, kita juga perlu mengeksplorasi batas kemampuan dan peran yg bisa kita lakukan. Penambahan peran tentu harus sebanding dengan penambahan kapasitas yg diperlukan. Karenanya, jangan berhenti belajar dan jangan berhenti pada satu peran sentral. Karna terjebak pada rutinitas kadang bisa mematikan potensi.

Semakin banyak yg dilihat, insya Allah semakin bertambah pula ilmu dan kapasitasnya. Mari kita luangkan dalam beberapa sesi rutinitas keseharian, untuk mencoba sesuatu yg baru. Bukan lagi diruang diskusi, seminar atau kopdar, tapi langsung dialam nyata.

Kita tidak akan pernah jadi pengusaha, sekedar dengan hanya mengikuti seminar. Atau membaca buku tentang kisah sukses. Bagaimanapun, seorang penonton tidak akan pernah jadi pemain, sebagaimana pendamping tidak akan pernah jadi pengusaha. Karena belajar tentang bisnis itu memang tidak sama dengan belajar berbisnis.

Ayo sobat, keluarlah dari ruang - ruang diskusi tentang bisnis, jika benar dikau memang mengagumi sosok seperti Bob Sadino, Hasan Thoha dll. Ayo kita melangkah di alam nyata ...

Oleh: Eko Jun
Load disqus comments

0 komentar