Kamis, 14 Mei 2015

Wayang Kedu Didokumentasikan



Kelestarian wayang Kedu diperlukan agar tidak musnah dan generasi mendatang masih bisa mengenal dan menikmatinya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung berusaha mendokumentasikan. Demikian dikatakan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Didik Nuryanto, Kamis (14/05/2015).

Dikatakan Didik, pendokumentasian meliputi iringan gending, bentuk wayang dan lakon wayang serta pementasannya."Ini dilakukan mendesak, wayang Kedu jarang dipentaskan dan keberadaanya terancam musnah," katanya.

Dokumentasi wayang Kedu yang sudah dilakukan meliputi bentuk wayang dan iringan atau gending. Lakon wayang masih proses inventarisasi, sedangkan pementasan wayang secara khusus dilakukan bertahab, seiring dengan lakon wayang.

Yang terdekat pendokumentasian pentas lakon Romo Tambak, dengan dalang Ki Legawa Cipta Karsana di Dusun Gemawang Desa Sanggrahan Kecamatan Kranggan, pada akhir minggu nanti. Pada pementasan tersebut diiringi kelompok karawitan Warga Laras.


sumber: www.krjogja.com


Load disqus comments

0 komentar