Selasa, 14 Oktober 2014

Dua Pelajar SMP asal Temanggung Ini "Temukan" Planet Bumi Kedua







Bandung - Hanya dalam dua hari, dua ABG asal Temanggung ini berhasil "menemukan" planet lain selain Bumi yang bisa ditinggali manusia. Mereka beri nama Nusa. Di planet itu, kini hidup beberapa jenis hewan seperti yang ada di bumi.

Aqila Fitra Khairunnisa (12) dan M Fahmi (15), siswa SMP Parakan 1, Temanggung, Jawa Tengah, ini berhasil menjadi juara pertama Lomba Festival Sains Antariksa yang digelar Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Keduanya diminta ikut menjelajah ruang angkasa untuk menemukan planet baru.

"Kami dua hari buat karya ilmiah berjudul 'Nusa, Bumi Kedua' dan dikirimkan ke Lapan. Alhamdulillah menang," ujar Fahmi ditemui usai menerima penghargaan di Pusat Sains Antariksa Lapan, Jalan Djundjunan, Bandung, Sabtu (11/10/2014).

Fahmi dan Aqila pun berimajinasi menciptakan sebuah planet yang karakteristiknya sudah ditentukan panitia. Planet yang mereka sebut Nusa itu berada di tata surya Rigel dan rasi bintang orion. "Jaraknya dari bumi 50 ribu tahun cahaya," ujar Aqila.

Kenapa namanya Nusa, menurut Aqila, itu berasal dari kata nusantara yang artinya pulau lain. "Bisa kami artikan sebagai planet lain. Dan planet ini bisa kami sebut planet kedua bumi," ujarnya yang mengaku sangat menggemari pelajaran Fisika ini.

Meski dikatakan sebagai bumi kedua, menurut Fahmi, perbedaan yang mencolok kondisi planet itu dengan bumi adalah gravitasi dan suhunya. "Gravitasi di sana tinggi dan suhunya ekstrim," papar Fahmi.

Namun demikian, keduanya menyatakan planet itu kalau benar ada, bisa ditempati manusia. Sebab di sana ada sumber air dan juga makanan. Mereka 'membuktikannya' dengan adanya beberapa jenis hewan yang kini tinggal di planet itu.

"Di sana ada hewan pegasus, kalau di bumi seperti elang, rajawali, cendrawasih, dan plaminggo," tuturnya.

Tak hanya itu ada juga hewan seperti monyet yang diberi nama rasyakilopus. "Itu diambil dari nama kami," ujar Fahmi.

Kepala Pusat Sains Antariksa Lapan Clara Yonoyatini mengatakan lomba penjelajahan antariksa tingkat SMP ini untuk merangsang ketertarikan para siswa pada sains dan antariksa.

"Kami sudah tentukan karekteristik planet baru itu seperti apa. Kami minta mereka berimajinasi membayangkan planet itu seperti apa," ujarnya.

Selain lomba tingkat SMP, Lapan juga menggelar lomba tingkat SMA tentang percobaan mikro gravitasi yang dimenangkan SMA 2 Bandung.

Festival Sains Antariksa yang digelar tahunan ini juga ada pameran dan open house Lapan. Stand yang paling menarik di pameran adalah plenatarium mini, di mana pengunjung seolah berada di luar angkasa.

Sumber: http://news.detik.com/read/2014/10/11/160431/2716198/486/2/dua-pelajar-smp-asal-temanggung-ini-temukan-planet-bumi-kedua
Load disqus comments

0 komentar