Jumat, 06 Juni 2014

Memilih Suara untuk Janin Bayi, Murotal Atau Musik Klasik?

Kebanyakan kaum ibu masih terasa galau jika usia kandungan sudah mencapai minggu kedelapan. Pada akhir bulan kedua itu, indera pendengaran janin yang ada di perut bunda sudah berkembang.

Ini sesuai dengan apa yang tertulis dalam Alquran dan dikonfirmasi oleh penelitian ilmiah. "Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur"(QS 32:9).

Kecemasan kaum ibu ini boleh jadi karena mereka harus memilih sumber suara terbaik untuk buah hati. Sehingga, otak dan kecerdasan sang anak bisa terstimulasi sejak dini

Kegalauan pun semakin menjadi ketika ada dua pilihan sumber suara yang bisa diperdengarkan untuk si buah hati. Apakah memilih suara murotal Alquran atau suara musik klasik.

Dokter spesialis kandungan, dr Prita Kusumaningsih mengungkapkan, berdasarkan hasil penelitian ilmiah, memang suara musik klasik jika diperdengarkan kepada jabang bayi, maka gelombang otaknya akan lebih besar ketimbang yang tidak. Hal tersebut, ujarnya, mempengaruhi menstimulasi kecerdasan anak.

Sedangkan, untuk memperdengarkan Alquran ke janin, Prita mengakui, memang belum ada penelitian ilmiah lebih lanjut untuk hal tersebut.

"Tapi kalau kita lihat dari pengalaman, terbukti bayi yang sejak di kandungan diperdengarkan Alquran maka akan lebih mudah menghapal,"ujar penulis buku 'Membentangkan Surga di Rahim Bunda', saat berbicara di hadapan para dokter dan bidan di Wamena, Jayawijaya, pekan lalu.

Dia menjelaskan, banyak komunitas ibu hamil penghapal Alquran yang ada di kota-kota besar. Komunitas tersebut, ujar Prita, melahirkan putra putri yang rata-rata juga menjadi penghapal Alquran.

Untuk kaum ibu yang ingin mendidik putra-putrinya dengan Alquran, Prita memberi beberapa tips praktis. Bendahara Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) tersebut menjelaskan, ibu bisa menempelkan earphone ke perutnya. Sehingga, si jabang bayi bisa mendengar kelembutan suara Alquran.

"Mendengar suara Alquran juga dijamin mendapatkan bonus besar dari Allah Swt berupa pahala,"ujarnya. Jadi pilih mana? Musik klasik atau Murotal Alquran?

Sumber:   m.republika.co.id/berita/humaira/ibu-anak/14/06/03/n6l2mv-memilih-suara-untuk-janin-bayi-murotal-atau-musik-klasik

Posted via Blogaway


Posted via Blogaway
Load disqus comments

0 komentar